-->

Kajian Akhir Zaman Bukan Nambah Iman Tapi Malah Bikin Stres!

- Maret 12, 2020
Di tayangan YouTube atau sejumlah masjid ada yang mengadakan kajian yang bertemakan hari akhir. Bahkan ada pendakwah yang khusus berbicara akhir zaman. Apa urgensinya?

Fenomena itu yang membuat beberapa Ustaz bertanya-tanya.

"Apakah kajian tentang akhir zaman itu bermanfaat untuk menambah iman dan ketaatan umat, atau malah membuat umat jadi bingung, bahkan stres?" kata pendakwah yang juga penulis buku, Ustaz Zulfi Akmal pada Kamis (12/3/2020).

Belasan tahun, aku Ustaz Zulfi, tinggal di Mesir, duduk di hadapan syekh-syekh yang keilmuannya sangat mumpuni, tidak ada seorangpun di antara mereka yang mengatakan: "Hal yang diprediksi Rasulullah tentang hal ini akan terjadi pada tahun ini. Perkara itu akan terjadi tahun sekian, dst".


Sementara Pendiri Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat menilai yang membahas-bahas kiamat melulu biasanya yang tidak punya bahan untuk kajian. Tidak pernah belajar salah satu cabang ilmu keislaman, apakah itu tafsir, hadits, fiqih, ushul atau lainnya.

Sebab, kata dia, kalau pernah belajar satu cabang ilmu, tidak perlu repot-repot mengais-ngais bahan materi kiamat. Yang ada saja nggak akan habis dibahas.

"Misalnya kalau kuliah tafsir, buka saja Al-Qurtubi buat bahan ngajar. Sampai puluhan tahun gak akan kehabisan bahan. Modalnya 30 juz ayat Quran plus tafsirnya," kata dia.

Jadi, apa urgensi kajian akhir zaman?

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search