-->

Pemerintah Akan Buka Kembali Masjid

- Mei 29, 2020
Pemerintah berencana  membuka kembali tempat-tempat ibadah saat pemberlakuan kebijakan new normal dalam waktu dekat ini.

Hanya saja, izin pembukaan diberikan terhadap tempat ibadah yang benar-benar dinyatakan aman dari Covid-19 dan siap menerapkan standar protokol kesehatan. Pada level terendah izin operasional akan diberikan oleh camat setelah mendapat rekomendasi dari lurah atau kepala desa.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, pembukaan rumah ibadah akan dilakukan secara bertahap.

Rumah ibadah yang diperbolehkan buka menurut dia telah melewati proses pemeriksaan atau persetujuan dari aparat berwenang.

“Disarankan kebijakan itu diserahkan kepada kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, wali kota, hingga pihak kecamatan,” jelas Menag.

Hal itu ditegaskan dia saat menerima kunjungan Satgas Lawan Covid-19 DPR di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, kemarin.

Menag juga mengatakan, pembukaan secara bertahap dilakukan karena semua orang rindu mendatangi rumah ibadah. Selain itu, dengan pembukaan masjid, gereja, pura, vihara dan tempat ibadah lainnya, aspek spiritualitas umat dalam beribadah juga diharapkan lebih meningkat. Pembukaan tempat ibadah itu juga sebagai bentuk penghargaan kepada daerah yang telah berhasil menekan angka penularan Covid-19.

“Selain itu, bisa memberi ketenangan batin kepada seluruh rakyat Indonesia yang pada dasarnya sangat agamais. Jadi, kalau kita sudah ke rumah ibadah seperti ke masjid, rasanya tenang gitu ya,” ujar dia.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search