-->

Syahadat 12 Tahunan Lalu, Murtad Tahun Lalu Kini Syahadat Lagi untuk Adu Domba

- Mei 10, 2020
Bismillah
Christian Snouck Hurgronje

Namanya bukan saja melegenda dalam penulisan sejarah di Indonesia tetapi juga ia dikenal sebagai orientalis kaliber dunia. Sosoknya memang jenius lagi kontroversial. Dalam buku-buku sejarah Snouck Hurgronje ditulis sebagai sosok yang tercela. Ia adalah lambang dari perselingkuhan antara ilmu pengetahuan dan penjajahan.

Hanya saja di masa kini legenda Hurgronje itu nyaris tak terjangkau. Kita tak lagi tahu bagaimana sepak terjangnya mampu menancapkan kuku-kuku penjajahan yang semakin mencengkeram. Kita hanya tahu sekilas bahwa ia adalah seorang ilmuwan yang bekerja bagi pemerintah colonial demi melanggengkan kolonialisme.


Tiga Penggalan Ayat Alquran yang Bisa Sembuhkan Corona

Lebih pelik lagi ketika saat ini ada pihak yang beranggapan bahwa Snouck Hurgronje adalah contoh idealisme seorang ilmuwan yang berkomitmen pada ilmu. Kajiannya terhadap (umat) Islam tak bisa dipandang sebagai satu niat jahat, tetapi pemerintah colonial Belanda-lah yang memanfaatkan kajian tersebut.

Kedua hal tadi, yaitu celaan sekaligus ketidaktahuan kita akan pemikiran Snouck Hurgronje dan pendapat yang menyatakan bahwa Snouck hanyalah ilmuwan tanpa tendensi jahat sebenarnya dua hal yang bertolak belakang tetapi sama-sama saling terkait: Yaitu tidak terkuaknya kajian akan Snouck yang sebenarnya.

Putra Ust Mutammimul Ula yang Dipangku: Bapak 'Yatimkan' Saya Sejak 7 Tahun

Snouck Hurgronje memang sosok yang kontroversial sejak awal. Ia masuk ke Mekkah demi melakukan observasi yang melahirkan disertasinya di Leiden: Perayaan Mekkah (1880). Karya lainnya tentang Mekkah, yaitu Mekka in The Later Part of The 19th Century adalah sebuah karya etnografi yang tajam tentang berbagai tingkah laku yang melebur di Mekkah sebagai melting pot umat Islam. (Fachry Ali : 2020)

Dan sebelahnya adalah yudi mulyana, S.Th, M.Th, penyusup bersyahadat 12 tahunan lalu, trus dibabtis tahun lalu, dan skr syahadat lg, dan mengadu domba antara tim kami dengan jamaah salafi @assunnahcirebonofficial, hebat sekali memutar kata walau bukti data dan fakta sudah ada

Sebuah pelajaran yang luar biasa yang Allah ajarkan kepada kami, anda YUDI MULYANA, saya dan tim akan buru anda, silahkan berlindung kemanapun di dunia ini, insyaaAllah akan kami temukan dan adil.


- Steven Indra Wibowo, Mualaf Center Indonesia
Advertisement

1 komentar:


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search