-->

Beda Kelas: Anies Buka Masjid, Jokowi Buka Mal

- Juni 04, 2020

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Hal itu didasarkan hasil evaluasi tim ahli. Sebagai gantinya, Ibukota akan menerapkan masa transisi.

Anies pun memutuskan membuka kembali rumah ibadah.

“Mulai besok kegiatan ibadah sudah bisa dilakukan,” ujar Anies saat konferensi pers di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (4/6/2020).
Terdapat dua fase pelonggaran yang dibagi berdasarkan manfaat dan efek risiko kegiatan.

Fase pertama yakni tanggal 5 sampai 7 Juni 2020.

Pekan pertama ini dimulai dengan pembukaan rumah ibadah, fasilitas olahraga outdoor.

Juga mobilitas kendaraan pribadi dan kendaraan umum massal serta taksi (konvensional dan online) yang diizinkan kembali beroperasi.

Pekan kedua atau tanggal 8 hingga 14 Juni 2020, giliran perkantoran, rumah makan (mandiri), perindustrian, pergudangan, pertokoan/retail/showroom.
Selain itu juga layanan pendukung seperti bengkel, servis, fotokopi, museum, galeri, perpustakaan serta ojek (online dan pangkalan).

Lalu untuk Sabtu dan Ahad mulai diizinkan dibuka kembali UMKM binaan Pemprov (lokasi binaan/sementara), taman, RPTRA dan juga Pantai.

Untuk pekan ketiga atau periode 15 hingga 2 Juni 2020, pada hari Senin hingga Jumat pasar, pusat perbelanjaan, mal mulai diizinkan kembali beroperasi.

Pada Sabtu dan Ahad, taman rekreasi indoor, taman rekreasi outdoor, dan kebun binatang juga mulai dibuka.
Pada pekan keempat atau 22 hingga 28 Juni 2020 disebutkan bahwa semua kegiatan pada fase I dibuka dan diakhir Juni akan dilakukan evaluasi fase pertama.

Sementara itu, pada fase kedua PSBB transisi akan dibuka kegiatan dari bidang yang lebih luas.

Seperti kegiatan keagamaan dengan pengumpulan massa, sekolah dan/atau institusi pendidikan lainnya, kegiatan usaha, perdagangan, industri, dan kegiatan sosial budaya.

Untuk kegiatan usaha, perdagangan, industri yang dimaksud adalah klinik kecantikan, salon dan barbershop, gedung pertemuan, resepsi pernikahan, sunatan, bioskop, studio rekaman, rumah produksi perfilman, hiburan malam, karaoke, butik dan lain-lain.

Sedangkan kegiatan sosial budaya adalah fasilitas olahraga indoor seperti gym, kolam renang, dan lain-lain, lalu festival rakyat, pasar malam, pasar kampung dan lain-lain.

Presiden Joko Widodo berbeda dengan Anies. Dalam beberapa kali kesempatan, justru ia sangat bersemangat berbicara tentang era new normal dan pembukaan mal untuk membangkitkan kembali perekonomian.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search