-->

PKS: Kalau RUU HIP Hanya Ganti Nama, Kita Tolak Lagi

- Juli 10, 2020

PKS yang getol sejak awal menolak RUU HIP, meminta RUU dicabut dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, menyebut RUU HIP tidak bisa ganti nama, harus dicabut.

"Kalau siapa pun yang akan mengusulkan RUU baru ya ini UU baru. Nanti akan kita lihat apakah UU baru itu ternyata hanya ganti nama saja. Kalau ganti nama saja akan ditolak lagi," kata Hidayat, Jumat (10/7).

Usul perubahan nama yang bergulir adalah HIP menjadi PIP (Pembinaan Ideologi Pancasila), yang terus didorong PDIP. RUU dengan nama baru ini diklaim sebagai payung hukum untuk BPIP, tak lagi otak-atik tafsir Pancasila. Tapi PKS tetap tegas menolak.

"Satu RUU yang baru tidak bisa hanya karena begitu saja melanjutkan, mengubah nama, dan melanjutkan pembahasan begitu saja," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Dia mendesak DPR dan pemerintah tegas mencabut RUU dari Prolegnas. Dalam hal ini, pemerintah menyatakan menunda pembahasan, tapi suratnya belum dikirim ke DPR.

"Pimpinan DPR melaksanakan komitmen menghentikan pembahasan dan kemudian apakah menarik surat dari pemerintah atau pemerintah segera mengirim suratnya atau mengambil sikap yang disampaikan Pak Mahfud MD kan menyampaikan pemerintah tidak akan memberikan persetujuan," ujarnya


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search