-->

Indonesia Satu-satunya Memasukkan Dewa Hindu dalam Mata Uang, Padahal Mayoritas Muslim

- Agustus 23, 2020

 

India memuji dan menyebut Indonesia sebagai satu-satunya negara yang dalam uang kertasnya memasukkan gambar salah satu dewa Hindu. Padahal Indonesia adalah mayoritas beragama Islam.

"Satu-satunya negara di dunia yang memiliki gambar dewa Ganesha dalam mata uangnya adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, yakni Indonesia," demikian ditulis timenownes.com, Sabtu (22/8). 

Pada Sabtu, 22 Agustus 2020 menjadi hari istimewa bagi umat Hindu dunia. Hari itu merupakan perayaan Ganesh Chaturthi, yakni perayaan turunnya dewa Ganesha ke muka bumi. Dewa Ganesha mempunyai posisi istimewa di kalangan umat Hindu, karena merupakan dewa pengetahuan dan kecerdasan, dewa pelindung, dewa penolak bala atau bencana dan dewa kebijaksanaan. 

Gambar dewa Ganesha yang disebut timenownes.com itu ada dalam uang kertas rupiah pecahan Rp 20.000 tahun emisi 1998. Pada bagian muka uang kertas tersebut, terdapat gambar pahlawan nasional yang juga Bapak pendidikan nasional yakni Ki Hadjar Dewantara.

Pada sisi kirinya, terdapat gambar Ganesha yang bagi umat Hindu merupakan dewa pengetahuan dan kecerdasan. Mata uang India, yakni Rupee, tak mencantumkan gambar Ganesha. Padahal India merupakan negara dengan populasi penduduk Hindu terbesar di dunia.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search