-->

Jawaban Telak Dokter Saat Luhut Sebut Pemerintah akan Permudah Dokter Asing Masuk RI

- Agustus 14, 2020

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Panjaitan mengatakan Pemerintah berencana membangun rumah sakit internasional dan mempermudah dokter spesialis asing masuk ke Indonesia.

Hal ini dilakukan agar masyarakat yang berkeinginan mendapat pengobatan khusus tak perlu pergi ke negara lain. Baca: 8 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Ia mengatakan kemudahan bagi dokter asing itu akan dilakukan dengan memberikan visa khusus kepada mereka supaya proses administrasi yang diperlukan untuk masuk ke Indonesia bisa lebih mudah.

"Kami sudah pertimbangkan visa itu untuk orang-orang spesifik, kerjanya, saya kira enggak perlu (ribet). Dan kemudian boleh ada multiple visa buat spesifik orang-orang yang kita butuhkan untuk kegiatan dalam negeri," kata Luhut  dalam webinar yang digelar Apindo, pada Kamis (13/8/2020).

Ia mengklaim rencana itu sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden (Jokowi) sudah setuju kami akan buka RS internasional. Jadi, dokter-dokter yang kelas 1 bisa praktek dan transfer teknologi dengan dokter kita sehingga orang kita tidak habiskan (uang) untuk pengobatan keluar negeri," ujarnya.

Warganet pun bertanya kepada seorang dokter, apakah Indonesia kekurangan dokter?

Dokter Seribu Pulau yang juga Chairman JDN Indonesia dr. Andi Khomeini Takdir menyebutkan bahwa setiap tahun Indonesia mendapatkan 9.000 hingga 10.000 dokter baru.

"Tiap tahun kita dapat 9-10 ribu dokter baru," kata dokter yang dapat panggilan Dokter Koko ini.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search