-->

Pernyataan Ini Menandakan Pemerintah Mulai Kelabakan Atasi Covid-19

- Agustus 10, 2020

Tampaknya Pemerintah sudah mulai kelabakan mengatasi virus corona Covid-19. Hal ini terlihat dari pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang menyatakan ada kemungkinan Covid-1 bisa melemah dengan sendirinya. 

"Lalu skenario yang terakhir adalah virusnya melemah sendiri. Kita percaya virus ini dari Tuhan, dan Tuhan yang bisa menyelesaikannya," kata Tito. Baca juga: 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Dalam webinar bertema 'Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19'  di kanal  YouTube Taruna Merah Putih (TMP), Senin (10/8), Tito menyatakan kasus virus yang melemah dengan sendirinya pernah terjadi saat dunia dilanda pandemi Spanish Flu atau flu spanyol pada medio tahun 1918-1920 silam. Tito menyatakan pandemi itu bisa berakhir karena virusnya melemah sendiri serta dikombinasikan dengan proses herd immunity.

Virus influenza saat ini akhirnya dianggap hanya sekadar penyakit biasa karena seiring berjalannya waktu melemah dengan sendirinya.

"Sampai hari ini, kita alami sendiri seperti flu dan seperti penyakit biasa, antara tahun 1920 itu penyakit mematikan," kata Tito.

Tito menyatakan saat ini negara-negara di dunia tengah berlomba mencari vaksin yang cocok untuk melawan virus corona. Ia mengatakan sudah ada dua kandidat vaksin corona yang berasal dari China dan Inggris yang sedang memasuki fase uji klinis tahap tiga.

"Kalau efektif bisa munculkan antibodi. Bisa mematikan virus covid, maka setelah itu baru ada produksi massal. Produksi massal direncanakan Januari-Februari 2021. Harus 2/3 populasi Indonesia di vaksin," kata Tito.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search