-->

Jokowi Ngotot Pilkada Tak Ditunda, Dokter: Semua Ditunda Kecuali Solo dan Medan, Setuju Pak?

- September 21, 2020




Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap kukuh bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah akan tetap dilaksanakan meski pandemi virus corona (Covid-19) belum berakhir. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman lewat siaran pers, Senin (21/9/2020).

Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemungutan suara pilkada di 270 daerah akan tetap dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Pilkada 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020, demi menjaga hak konstitusi rakyat, hak dipilih dan hak memilih," kata Fadjroel dalam keterangan pers Senin (21/9).

Pelaksanaan tahapan pilkada harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraan Pilkada juga perlu disertai dengan penegakkan hukum dan sanksi tegas.

"Agar tidak terjadi klaster baru Pilkada," tegas Fadjroel.

Jokowi, kata dia, juga mengatakan bahwa pilkada tidak bisa ditunda hingga pandemi berakhir. Sebab, pemerintah tidak bisa memastikan kapan pandemi Covid selesai di Indonesia dan dunia.

"Karena tidak satu negara tahu kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Karenanya, penyelenggaraan Pilkada harus dengan protokol kesehatan ketat agar aman dan tetap demokratis," jelas dia.

"Pilkada di masa pandemi bukan mustahil. Negara-negara lain seperti Singapura, Jerman, Perancis, dan Korea Selatan juga menggelar Pemilihan Umum di masa pandemi. Tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," beber Fadjroel.

Sikap Jokowi tersebut mendapatkan respons dari seorang dokter yang kerap menangani pasien. Dokter menyarankan agar mengambil langkah win-win solution.

"Win2 solution aja gmn pak Jokowi, semua pilkada ditunda kecuali solo dan medan? Setuju ya pak? Yg penting gibran dan bobby jadi walikota, daerah lain sptnya ga penting-penting amat buat bapak, ok ya," kata dokter Gunawan lewat media sosial.

Medan adalah daerah pemilihan menantu Joko Widodo, sementara Solo adalah daerah pemilihan anak sulung Jokowi.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search