-->

Usai KPU Izinkan Kampanye di Tengah Pandemi, Kini Ketuanya Positif Corona

- September 18, 2020


Ketua KPU RI, Arief Budiman, mengumumkan dirinya positif corona. Hal itu diketahui setelah Arief tes swab sebagai syarat mengikuti rapat tatap muka di Istana Kepresidenan hari ini.

"Tanggal 17 September malam hari saya melakukan tes swab untuk digunakan sebagai syarat menghadiri rapat di Istana Bogor tanggal 18 September (hari ini) dengan hasil positif (COVID-19)," ucap Arief pada Jumat (18/9/2020).


Padahal, kata Arief, kemarin dia rapid test yang kesekian kalinya dan hasilnya nonreaktif.


"Kehadiran dalam rapat (selanjutnya diwakili oleh anggota KPU," tuturnya.


Saat ini Arief menjalani isolasi mandiri di rumah. Arief menyebut tak ada gejala yang menyertai virus di dalam tubuhnya. Dia juga tak tidak mengetahui sumber penularannya.


"Saat ini saya sedang menjalani karantina mandiri di rumah," tuturnya.


Selain Arief, komisioner KPU RI lain, Evi Novida Ginting Manik, juga positif corona dan menjalani isolasi mandiri.

Sebelumnya KPU tetap mengizinkan calon kepala daerah untuk menggelar konser pada saat masa kampanye Pilkada Serentak 2020. Sekali pun, saat ini seluruh wilayah Indonesia tengah dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19.


"Ada ketentuan dalam undang-undang dan dalam peraturan memang diatur demikian. Bagi KPU tentu tidak mudah juga menghapus bentuk-bentuk kampanye itu, karena undang-undangnya masih sama," kata anggota KPU I Dewa Kade Wiersa Raka Sandi seperti dilansir dari Antara, Rabu (16/9/2020).

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search