-->

Alasan UU Ciptaker Itu Ilegal

- Oktober 10, 2020


Tidak masalah menolak ruu omnibuslaw diawal atau diujung, karena diujung pun klo ternyata proses diujungnya ilegal inkonstitusional harus ditolak.

Uu omnibuslaw cipta kerja dapat disebut ilegal dan inskonstitusional, karena:

Pertama, membahas masalah pertanahan (investor bisa mengelola tanah sampai 90 tahun) di daerah, bukan tanah di senayan. Padahal pembahasan pertanahan di daerah harus melibatkan DPD. Diujung proses kita tahu bahwa tidak ada pelibatan DPD dalam pembahasan ruu omnibuslaw cipta kerja tersebut, bukan diawal proses hal tanpa pelibatan DPD tsb diketahui. Jadi ruu omnibuslaw cipta kerja tersebut ilegal inkonstitusional karena bertentangan dengan uu no 13 th 19 (perubahan uu no 17 th 2014) tentang MD3. Jadi ruu omnibuslaw harus ditolak diujung karena prosesnya ilegal inkonstitusional;

Kedua, ketika rapat paripurna DPR bersidang untuk mendengarkan pendapat akhir fraksi2, dan kemudian mengesahkan ruu omnibuslaw cipta kerja, ternyata dokumen final resmi terakhir ruu omnibuslaw cipta kerja tidak ada karena masih direvisi, diedit, atau sedang diketik. Sampai hari ini dokumen final resmi ruu yg sudah disahkan menjadi uu omnibuslaw cipta kerja juga belum ada. Jadi rapat paripurna kemarin mengesahkan apa? Mengesahkan cek kosong? Mengesahkan uu hampa kosong? Yang tidak ada dokumen final pisiknya. Tidak ada dokumen final resmi ruu omnibuslaw yg disepakati semua fraksi2 diatas meja, dan ternyata bisa diketahuinya hal tersebut diujung proses pengesahan dalam rapat paripurna DPR. Bukan diawal proses pembahasan. Hal tidak adanya dokumen resmi final tersebut dalam rapat paripurna pengesahannya adalah ilegal - inskonstitusional karena bertentangan dg uu no 12 th 2011 juncto uu no 15 th 2019 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan. Jadi ruu omnibuslaw cipta kerja harus ditolak diujung juga karena prosesnya ilegal inkonstitusional.

Demikian pendapat saya pribadi,

Jazakumullah khoiron.

- Aleg PKS Memed Sosiawan

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search