-->

dr Gamal Albinsaid Bocorkan Dua Cara Temukan Potensi Terbaik dan Happy Menjalani

- Oktober 28, 2020


Serpong (28/10) - Ada dua teori yang bisa membantu para pemuda untuk menemukan potensi terbaiknya agar bisa menikmati hidup ini.


Hal tersebut dipaparkan oleh tokoh muda inspiratif dr. Gamal Albinsaid dalam acara bertajuk "Finding Youth Pandemic Heroes" yang digelar oleh SMA Islam Sinar Cendekia secara daring pada Rabu (28/10/2020).


"Ada dua teori yang bisa membantu. Yang pertama ditulis oleh dosen Harvard University, Tal Ben Shahar. Prinsipnya begini, kalau kita pengin menikmati hidup dan memiliki pencapaian luar biasa dan memiliki dampak yang besar pastikan mengerjakan hal yang kamu sukai, kuasai dan bermanfaat. Jadi pleasure, strength dan meaning," kata dia.


"Ketika interest bertemu dengan ketangguhan kita dan dibungkus dengan ketulusan maka Allah akan membesarkannya," imbuh dia.


Teori kedua, kata dia, yang mampu membesarkan adalah Ikigai. Ini adalah salah satu teori yang paling popular di Jepang.


Konsepnya adalah kerjakan sesuatu yang memenuhi empat hal ini what you love, what you are good at, what the world needs, what you can be paid for.


"Kerjakan apa yang kamu sukai, sesuatu yang kamu kuasai, sesuatu yang dibutuhkan oleh dunia atau masyarakat dan sesuatu yang menghasilkan. Kenapa ini penting? Kalau kamu mengerjakan sesuatu yang kamu sukai, kuasai tapi nggak bermanfaat, kita akan merasa kita nggak berguna hidup di dunia ini. Sense of human kita kayak nggak ada. Tapi kalau mengerjakan sesuatu yang kamu kuasai dan bermanfaat tapi kamu nggak suka, kamu nggak akan menikmati proses ini," papar dia.


"Jadi passion saja nggak cukup, tapi butuh dihubungkan dengan apa yang namanya mission dan juga profesi sehingga kita mampu memberikan kesejahteraan, melanjutkan keberlangsungan inovasi kita dan gagasan kita. Lebih dari itu memberikan dampak," kata CEO Indonesia Medika itu.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search