-->

Makna Bayi Ditebus Dengan Aqiqah

- Oktober 26, 2020


Dalam hadits disebutkan bahwa anak yang baru lahir ditebus dengan aqiqah. Apa makna dari tebusan tersebut?

Para ulama berbeda pendapat dalam menafsirkan redaksi nabi tersebut:

1. Pendapat Pertama

Imam al-Khattabi mengutip dari perkataan imam Ahmad bin hanbal bahwasanya Aqiqah itu merupakan syafaat untuk orang tuanya.

“Menurut Imam Ahmad, hadis ini berbicara tentang syafaat. Yang beliau maksudkan, bahwa ketika anak tidak diaqiqahi, kemudian dia meninggal ketika masih bayi, maka ia tidak bisa memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya.”

Dan perkataan Imam Ahmad tersebut sejalan dengan perkataan ‘Atha’ al-Khurasany yang mana diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dari jalur yahya bin hamzah :

“Aku bertanya kepada ‘Atha al-Khurasany: apa maksud dari bayi ditebus dengan mengaqiqahinya? Beliau menjawab: orang tuanya tidak bisa mendapat syafaat dari anaknya”

2. Pendapat Kedua

Ada sebagian yang berpendapat bahwa aqiqah adalah ritual yang harus dilakukan, tidak boleh tidak, karena seorang bayi yang baru terlahir itu seperti barang gadai, ia harus ditebus dengan menyembelih aqiqah. Dan sudah seyogyanya, apabila ada seseorang mendapatkan karunia nikmat dari Allah, maka ia harus bersyukur kepadaNya. Adapun bentuk syukur ketika diberikan karunia anak adalah dengan menyembelih aqiqah untuk anaknya seperti yang sudah diajarkan oleh baginda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam untuk keselamatannya.

3. Pendapat Ketiga

Makna dari anak ditebus dengan aqiqah adalah seorang anak yang baru lahir tidaklah diberikan nama dan tidak dicukur rambutnya kecuali sudah disembelihkan aqiqah untuknya.

4. Pendapat Keempat

Ibnul Qoyim berpendapat bahwasanya Allah jadikan aqiqah bagi bayi sebagai sarana untuk membebaskan bayi dari kekangan setan. Karena setiap bayi yang lahir akan diikuti setan dan dihalangi untuk melakukan usaha kebaikan bagi akhiratnya. Dengannya, aqiqah menjadi sebab yang membebaskan bayi dari kekangan setan dan bala tentaranya.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search