-->

Luthfi Assyaukanie: Orang Islam di Eropa Itu Masalah Besar

- November 03, 2020


Luthfi Assyaukanie, aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) menyayangkan sikap Presiden RI Joko Widodo yang mengecam aksi pelecehan terhadap Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Pendukung pemerintah berkuasa itu menyarankan seharusnya Jokowi tidak mengikuti aksi Erdogan yang mengecam Macron.

"Harusnya Jokowi mengecam pembunuhan terhadap seorang guru di Perancis oleh seorang Muslim fanatik, bukannya ngekor Erdogan mengecam Macron," kata dia pada Sabtu (31/10/2020).

Ia menyebut orang Islam di Eropa itu masalah besar. Luthfi menilai mereka gagal berintegrasi dengan negeri baru mereka. Sebagian besar mereka datang dari negara konflik atau negara tak bebas. Seumur hidupnya tak mengenyam kebebasan dan dijejali doktrin masa silam penuh kegelapan dan ketebelakangan.

"Sementara, Eropa sendiri telah maju berkembang. Mencampakkan kegelapan dan mengutuk keterbelakangan. Ini yang tak banyak dipahami orang, termasuk orang Islam. Eropa pernah melewati masa-masa gelap, tapi kemudian mereka sadar. Nah, orang-orang yang belum sadar itu mencoba menarik mereka kembali ke masa kegelapan. Ya marah lah mereka," kata dia.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search