-->

Masyumi Lahir Kembali, Yusril: Tak Ada Cukong yang Sudi Danai Partai Islam

- November 09, 2020


Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra tidak mempermasalahkan deklarasi partai baru Masyumi. Ia mengaku berdasarkan pengalamannya mengelola partai politik tak mudah mendeklarasikan partai baru.

"Orientasi politik rakyat kita sudah banyak berubah. Rakyat tidak lagi terbelah pada perbedaan ideologi yang tajam seperti tahun 1945-1960. Masyarakat kini bahkan lebih praktikal (untuk tidak mengatakan pragmatik) dalam menjatuhkan pilihan politik. Sebagian malah transaksional," kata Yusril pada Senin (9/11/2020).

Oleh sebab itu, kata dia, partai memerlukan dana yang besar untuk bergerak. Bagi partai Islam, memperoleh dana yang besar itu sulit, sebagian besar umat Islam hidup dalam kekurangan.

"Yang punya dana besar itu para cukong, para pengusaha dalam maupun dalam negeri. Sepanjang pengalaman saya, tidak ada ada para cukong dan para pengusaha besar itu yang sudi mendanai partai Islam. Makanya, partai-partai Islam itu hidupnya ngos-ngosan," ujar Yusril. 

"Zaman sekarang sangat jarang ada anggota partai membayar iuran anggota seperti zaman dulu. Dunia sudah berubah," katanya.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search