-->

Survei Membuktikan: Cagub PKS Dinilai Lebih Mampu Pimpin di Sumbar

- November 24, 2020


Sebesar 61,9 persen responden menyatakan sangat setuju dan setuju pasangan calon Pilkada Provinsi Sumatera Barat nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy. Pasangan cagub-cawagub yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dinilai lebih layak serta mampu memimpin Sumbar untuk lima tahun mendatang.

Perolehan skor Mahyeldi-Audy tertinggi dibandingkan tiga paslon gubernur dan wakil gubernur lainnya dalam survei ini.

Demikian hasil survei lembaga Voxpol Center Research and Consulting.

"Sangat setuju 15,3 persen, setuju 46,6 persen. Feasibility of level 61,9 persen," demikian data hasil survei dari lembaga pimpinan Pangi Syarwi Chaniago pada Senin (23/11).

Di bawah Mahyeldi-Audy menyusul paslon nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukhni dengan feasibility of level 59,4 persen, kemudian Nasrul Abit-Indra Catri dengan 54,1 persen, serta Fakhrizal-Genius Umar dengan 43,1 persen.

Survei Voxpol Center Research and Consulting terkait Pilgub Sumbar 2020 dilakukan dengan melibatkan 800 responden yang diambil secara proporsional berimbang antara laki-laki dan perempuan dalam rentang waktu 10 hari, yakni pada 2 hingga 12 November 2020.

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error kurang lebih sebesar 3,47 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini pun disebutkan bahwa setiap responden yang terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka serta dilakukan quality control sebanyak 20 persen dari total jumlah sampel secara acak. Responden didatangi kembali untuk mengonfirmasi ulang.

Hasil survei Pilkada Sumbar sebelumnya juga dilakukan Poltracking Indonesia pada awal November ini terkait tingkat keterpilihan atau elektabilitas. 

Dalam hasil survei Poltracking Indonesia dinyatakan elektabilitas Mulyadi-Ali Mukhni sebesar 49,5 persen atau yang tertinggi.

Hasil tersebut mendapatkan respons dari kader PKS Tifatul Sembiring.

"Subhanallah. Mohon doa para alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduang sanak sadonyo nan ado di kampuang maupun di rantau. Semoga Buya Mahyeldi diberi kemudahan oleh Allah swt...Amien YRA...#PilgubSumbarNomor4," ungkap dia.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search