-->

Setiap Warga RI yang Divaksin Corona Dapat e-Sertifikat

- Desember 28, 2020


Warga negara Indonesia akan mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah. Mereka yang divaksin juga akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-sertifikat).

Hal tersebut tertuang dalam Permenkes No.84 tahun 2020 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 yang ditandatangani Menteri Kesehatan Terawan Putranto dan berlaku sejak 14 Desember 2020.

Pada pasal 25 disebutkan orang yang divaksin Covid-19 diberikan surat keterangan vaksin berupa kartu vaksinasi atau sertifikat elektronik. "Dalam hal dibutuhkan oleh pelaku perjalanan, surat vaksinasi Covid-19 dituangkan dalam sertifikat internasional," dalam beleid tersebut.

Pada pasal 8 juga disebutkan kriteria penerima vaksin Covid-19 di Indonesia ditetapkan berdasarkan kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group in Immunization) dan/atau Strategic Advisory Group of Experts on Immunization of the World Health Organization (SAGE WHO).

Dalam beleid itu juga disebutkan prioritas penerima vaksin pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya.

Selanjutnya, tokoh masyarakat/agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah kecamatan, perangkat desa, dan perangkat rukun tetangga/rukun warga.

Prioritas berikutnya, guru/tenaga pendidik dari PAUD/TK, SD, SMP, SMA,atau setingkat/sederajat, dan perguruan tinggi; d.aparatur kementerian/lembaga, aparatur organisasi perangkat Pemerintah Daerah, dan anggota legislatif.

Prioritas lainnya adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi dan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search