-->

Komnas HAM Punya 8 Ribu Video Terkait Tewasnya 6 Pengawal Sang Imam

- Januari 07, 2021


Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) memperoleh ribuan video dan tangkapan layar (screenshot) soal  tewasnya 6 pengawal Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab. Saat ini pihaknya tengah mengecek ulang oleh tim investigasi Komnas HAM.

Pengecekan merupakan bagian dari proses finalisasi laporan penyelidikan Komnas HAM. Diketahui, Komnas HAM akan segera menyelesaikan laporannya di kasus tersebut. 

"Salah satu bagian dari finalisasi laporan tersebut adalah memastikan kembali sejumlah video dan foto screen capture yang telah diperoleh dari beberapa pihak dan saat proses permintaan keterangan saksi," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam pada Rabu (7/1/2020). 

"Dari 8000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para Penyelidik Komnas HAM RI," kata Choirul Anam.

Adapun terkait finalisasi laporan ini, Anam sebelumnya memang menyatakan penyelidikan Komnas HAM akan segera rampung. Selain bukti video dan screen shoot foto, uji balistik barang bukti hingga rekonstruksi pun sudah dilakukan Komnas HAM. 

Meski begitu, tak dirinci kapan pastinya laporan tersebut rampung dan akan disampaikan ke publik serta instansi terkait. 

"Tim Penyelidikan Komnas HAM RI berharap tahapan ini lancar dan peristiwa tersebut segera dapat terlihat secara terang benderang," pungkas Anam. 

Insiden mengenai tewasnya 6 pengawal Habib Rizieq diketahui diduga terjadi di sekitaran Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Terdapat dua versi kejadian berbeda yang disampaikan oleh polisi dan pihak FPI. 

Pihak kepolisian menyatakan bahwa penembakan terhadap 6 pengawal Rizieq dikarenakan adanya perlawanan menggunakan senjata api yang dilakukan. Sementara pihak FPI menyatakan bahwa pengawal tak dibekali senjata api sama sekali. 

Komnas HAM turun sebagai pihak independen yang mengusut fakta di balik peristiwa yang menewaskan 6 pengawal Rizieq tersebut.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search