-->

Inilah Ciri-ciri Fisik Utama Sertifikat Tanah Elektronik

- Februari 08, 2021


Sekjen Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, menjelaskan di tahap awal sertifikat tanah elektronik baru diterapkan ke instansi pemerintah. Itu pun tidak bisa diterapkan dalam waktu dekat. Rencananya akan dimulai bulan April mendatang.

Untuk masyarakat umum, dia memastikan masih menggunakan sertifikat yang saat ini dimiliki. Ia memastikan tidak ada penarikan sertifikat sampai datanya sudah lengkap. “Tahap awal sertifikat el untuk instansi pemerintah dan pada daerah yang sudah siap datanya,” kata Himawan.

Kementerian ATR/BPN menyebutkan yang dimaksud sertifikat tanah elektronik tetap ada wujud fisiknya. Hanya saja formatnya lebih sederhana dibandingkan bentuk sertifikat sebelumnya, karena data-data pertanahan dan status kepemilikannya tersimpan secara elektronik di data base ATR/BPN.

Inilah ciri-ciri fisik utama sertifikat tanah elektronik:  

1. Terdapat logo Kementerian ATR/BPN di pojok kiri atas. 

2. Terdapat lambang negara Burung Garuda di bagian tengah atas. 

3. Sertifikat memuat data elektronik seperti Nomor Identifikasi Bidang (NIB), kode unik/hashcode atas dokumen elektronik yang diterbitkan, QRCode untuk mengakses informasi sertifikat tanah elektronik tersebut, gambar bidang tanah beserta keterangan surat ukur dan QR Code untuk menakses data surat ukur elektronik. 

4. Bukti pengesahan sertifikat tanah elektronik tersebut, yakni berupa tanda tangan elektronik dari pejabat Kementerian ATR/BPN, yang dilengkapi cap kantor pertanahan setempat

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search