-->

Lia Eden Meninggal Dunia, Warganet: Masa Tuhan Mati?

- April 12, 2021


Lia Aminuddin alias Lia Eden dikabarkan meninggal dunia. Perempuan yang pernah mengaku titisan Bunda Maria itu meninggal dunia pada Jumat (9/4) lalu.

"Lia Eden (Lia Aminudin) yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal," demikian dikutip dari akun Facebook Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk), Minggu (11/4/2021).

Lia Eden dikabarkan meninggal dunia pada Jumat lalu (9/4).

"Selamat jalan, Lia Eden. Beristirahatlah dalam kemenangan yang mahadamai," demikian dikutip dari akun Sejuk.

Kematian Lia Eden membuat warganet gatal berkomentar.

"Masa Tuhan mati," kata akun Bekasi Duren.

"Ini dikremasi?" kata akun Zakian Bushran.

"Tuhan jumpa tuhan," kata akun Iqbal Van Reza. 

Pada tahun 1997, Lia sempat membuat geger masyarakat karena mengaku mendapatkan wahyu dari Malaikat Jibril. Terlahir sebagai Muslim, Lia malah mempelajari dan mempraktikkan ritual berbagai agama, termasuk ajaran Kristen, Hindu, dan Buddha. Ia sempat mengklaim diri sebagai titisan Bunda Maria dan menyatakan putranya, Ahmad Mukti, sebagai Yesus Kristus. 

Baru pada tahun 2000, Lia mendeklarasikan agama baru bernama Salamullah sebagai penyatuan dari berbagai ajaran agama yang ia dalami. Beberapa ajaran Salamullah antara lain:

Shalat dalam dua bahasa adalah sah, Mengonsumsi babi halal, Melakukan ritual penyucian seperti menggunduli kepala, membakar tubuh, dan sebagainya. 

Ajaran sesat Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa sesat bagi ajaran Lia Eden dan jemaahnya sejak tahun 1997. Fatwa dengan nomor: Kep-768/MUI/XII/1997 tertanggal 22 Desember 1997 itu mengatakan bahwa Malaikat Jibril tidak mungkin turun lagi setelah kedatangannya pada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, klaim Lia Eden yang mengaku pernah didatangi Malaikat Jibril dinyatakan sebagai tindakan sesat dan menyesatkan.


Advertisement

1 komentar:

avatar

Kehidupan, alam semesta, manusia tidak mungkin ada tanpa ada yg mengadakan dialah Sang pencipta, dan ke3 unsur diatas adalah makhluk yg lemah, serbakurang dan membutuhkan terhadap yg lain. Makhluk itu tdk mungkin jadi tuhan karna sipat makhluk itu lemah dan begitu pun tuhan tdk mungkin menjadi makhluk, makan itu kalo ada yg menjadikan ke3 unsur diatas sebagai tuhan berarti ajaran nya batil(sesat). Intuk itu berpikirlah agar sampai kepada ke imanan yg benar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search