-->

Ma'ruf Amin: Saya Menanam 300 Bibit Pohon Ketapang

- April 07, 2021


Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa Pantai Kata Pariaman merupakan pantai dengan wilayah risiko tinggi tsunami. Pantai tersebut memiliki kondisi tanah yang landai sejauh 2 kilometer dari pesisir laut. Kondisi ini membuat Pantai Kata Pariaman membutuhkan vegetasi pelindung gelombang tsunami.

"Untuk itu, di Pantai Kata Pariaman, saya menanam sebanyak 300 bibit pohon ketapang. Penanaman pohon ketapang ini sebagai wujud nyata upaya mitigasi bencana dan menghindarkan pantai dari kerusakan lingkungan," kata Maruf Amin pada Selasa (6/4/2021).

Saat ini, kata dia, pemerintah tengah fokus dalam mengantisipasi kerusakan lingkungan. Pemerintah sangat concern untuk menjaga lingkungan dan juga menjaga agar masyarakat pesisir tidak mengalami bencana pesisir, abrasi, khususnya di daerah Pariaman ini.

"Karena itu kita jaga untuk melakukan mitigasi bencana itu dengan reboisasi di bukit-bukit dan juga penanaman di pantai-pantai.

Saya berharap pohon ketapang yang ditanam di Pantai Kata Pariaman tidak hanya menjadi penahan abrasi, namun juga dapat menjadi daya tarik wisatawan sehingga meningkatkan kunjungan destinasi Kota Pariaman," kata dia.

"Mudah-mudahan betul-betul menjadi daerah wisata yang tidak saja menahan potensi bencana tapi juga menjadi pantai yang indah yang bisa menarik wisatawan," kata dia menambahkan.

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search