-->

4 Langkah yang Dilakukan Jika Mendadak Dapat Transferan Uang dari Pinjol

- Juli 15, 2021


Mesti ngapain kalo kita dapet transferan tiba2 (padahal sebelumnya gak pernah ngajuin pinjaman apapun) dan akhirnya ada Debt Collector yg nagih? 


1. Tetap simpan dana yang masuk ke rekening. Jangan dipakai atau ditransfer kemana-mana. 


2. Saat ada yg menagih, sampaikan bahwa kita tidak pernah merasa meminjam. Jika penagih bersikeras, tanyakan instansi peminjamnya, nama/nomor akun kita yg terdaftar, dan surat perjanjian pinjamannya. Sampaikan bahwa kita siap mengembalikan sesuai nominal yg kita terima kemarin. 


PENTING! Pengembalian uang kita transfer ke instansinya, bukan ke penagihnya. Jika memungkinkan, transfernya bukan via apps (karena takutnya malah terjebak hal yg sama jika pengembalian dananya via apps). Tanya alamat/lokasi instansi. Jangan melakukan pembayaran ke DC/penagihnya. 


3. Apabila tetap mendapatkan penagihan tidak beretika (teror, intimidasi, pelecehan), maka blokir semua nomor kontak yang mengirim teror dan beritahu ke seluruh kontak di HP kita bahwa apabila mendapatkan pesan tentang pinjol agar diabaikan/diblokir saja. 


4. Lapor ke polisi dan lampirkan LP ke kontak penagih yang masih muncul. (laporan online bisa diakses di link ini patrolisiber.id) 


Cuma bisa berdoa mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan, gak ada masalah, ataupun teror ke aku, keluarga, ataupun ke temen2 ku. Untuk yg sudah terlanjur terjebak pinjol, semoga segera selesai ya, dan untuk oknum pinjol abal2, semoga segera bertaubat. 


Mudah2 an bermanfaat buat teman2 yg mengalami kasus serupa. Jgn panik dan jgn gentar. Stay safe, everyone! 


-- @azizahnajmi 

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search