-->

Lima Poin Sanggahan Ditjen Imigrasi Soal TKA Masuk Indonesia Saat PPKM

- Juli 05, 2021


Laman media sosial resmi Ditjen Imigrasi menyanggah pemberitaan terkait masuknya tenaga kerja asing yang masuk ke wilayah Indonesia di saat pandemi. 


Berikut pernyataannya: 


Halo Sahabat Mido, terkait viralnya video TKA asing berdatangan ke Wilayah Indonesia pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat di Jawa dan Bali, Mido sampaikan sebagai berikut: 

*simak sampai habis yaa 


-- SEBUAH UTAS-- 


1. Video tersebut merupakan video lama yaitu pada Juni 2020 dan bukan video kondisi saat ini. 


2. Orang asing dalam video tersebut merupakan orang asing yang akan meninggalkan Indonesia dengan rute Manado-Jakarta-Nanning (RRT). 


3.Sementara itu terkait pemberitaan masuknya 20 orang TKA di Sulsel, benar bahwa mereka adalah TKA yang akan bekerja di Proyek Strategis Nasional(PSN) yang ada di Kabupaten Bantaeng. Seluruh TKA telah melalui pemeriksaan Kesehatan oleh Kemenkes&memenuhi persyaratan keimigrasian. 


4.Saat ini Pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran covid-19. Aturan pelarangan ini mengacu kepada Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal pada masa adaptasi kebiasaan baru. 


5.Aturan ini mengecualikan masuknya orang asing utk tujuan esensial spt bekerja di PSN, penyatuan keluarga, dan kemanusiaan. Selain itu, orang asing yang msk Indonesia hrs lolos pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kemenkes sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri.(END) 


-- 


Pernyataan tersebut ditanggapi oleh warganet. 


"Ada pernyataan 'Tka yg akan bekerja di proyek strategis nasional.' Secara gak langsung pemerintah mengakui bhw mendatangkan tka utk bekerja d indo. Org Indo byk yg susah nyari kerja, tka mlh enak bnget dpt kerjaan dr pmrntah. Gmn ini?" kata akun Anaoska. 


"Wajar sih peningkatan covid 19 meningkat, pergerakan LN tidak seketat negara tetangga," kata akun Alul.


Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search